Dalam dunia bisnis, pemasaran adalah hal yang sangat wajib diperhatikan selain produksi dan distribusi. Oleh karenanya, seorang pengusaha harus mengetahui trik-trik promosi apa saja yang dapat mempengaruhi bisnis yang sedang dijalani.
Ketika kita membahas tentang trik promosi, maka hal tersebut tidak jauh dari kalimat promosi yang harus digunakan. Khususnya untuk bisnis online, ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk membuat kalimat promosi:
1. Menggunakan kata yang “ajaib”
Salah satu kalimat promosi yang digunakan dalam bisnis online, yang perlu diketahui adalah dengan menggunakan kalimat yang berkesan ajaib di depan target konsumen. Berikut kalimat ajaib yang harus digunakan:
Satu-satunya: “Produk ini merupakan satu-satunya pakaian yang menggunakan bahan berkualitas”
Asli: “Produk asli berkulitas dengan harga murah”
Instan: “Dapatkan tubuh sehat dan langsing dengan diet instan ini”
2. Jual manfaat dari produk yang ditawarkan
Melalui kalimat promosi yang singkat, jangan lupa untuk memberikan iming-iming manfaat dari produk yang dijual. Tunjukkan apa kelebihan dari produk tersebut berdasarkan dengan faktanya, meski begitu tetap harus dihindari untuk menggunakan kalimat yang berlebihan dan klaim yang tidak sesuai. Berikut contoh kalimat promosi yang menggunakan manfaat dari produk yang ditawarkan:
“Masker wajah yang terbuat dari bahan bahan alami dengan serum pencerah dan anti aging. Gunakan masker di pagi dan malam hari dan dapatkan wajah halus tanpa kerut wajah serta noda jerawat”.
3. Diksi yang digunakan sesuai target konsumen
Pemilihan diksi kalimat di dalam promosi bisnis harus disesuaikan dengan kosakata yang lumrah digunakan target konsumen. Sebagai contoh, apabila target adalah anak-anak maka pemilihan kalimatnya pun harus yang mudah dicerna oleh anak anak. Sebaliknya, jika target konsumen adalah remaja, maka gunakanlah kalimat yang kekinian yang biasa digunakan dalam percakapan sehari hari. Berikut contoh kalimat promosi menggunakan diksi yang sesuai:
Mainan anak-anak
“Sudah lihat boneka yang lucu dan menggemaskan ini belum? Tak hanya lucu, boneka satu ini bisa menambah koleksi bonekamu yang lucu-lucu!”
Sabun cuci muka untuk remaja
“Hari ini masih mencetin jerawat? Duh jangan deh nanti bopeng! Gunakan facial wash ini yang kandungan pH nya aman untuk kulit wajahmu! Terbuat dari bahan alami pilihan, yang akan menjaga kulit remajamu”.
4. Iming-imingi dengan diskon dan cashback
Di era perkembangan digital saat ini, banyak orang yang rela merogoh kocek dalam untuk mendapatkan produk yang diinginkan dengan diskon besar-besaran. Tak heran saat ini tengah banyak konsumen yang membeli produk bukan dari segi spesifikasinya melainkan dari diskon produk tersebut.
Bentuk diskon sendiri berbagai macam, ada diskon yang berbentuk uang tunai, hingga kupon diskon untuk membeli produk lainnya. Berikut contoh kalimat promosi menggunakan iming-iming diskon:
“Dapatkan gratis kupon diskon facial atau voucher facial sebesar Rp. 150.000 dengan minimum transaksi Rp. 300.000”.
“Promo singkat! Dapatkan promo cashback sebesar 30% hanya hari ini dengan minimum belanja Rp. 200.000”.
5. Kalimat awal yang membuat konsumen tertarik
Faktor selanjutnya yang wajib diperhatikan adalah kalimat yang menarik yang membuat konsumen tertarik. Salah satu cara membuat orang tertarik adalah dengan membuat konsumen penasaran dan ingin mencoba produk yang ditawarkan.
Berikan kesan seolah kamu peduli dengan keluhan konsumen. Gunakan kalimat yang membuat kamu dekat dengan konsumen. Berikut contoh kalimat promosi yang membuat konsumen tertarik:
“Sudah gonta-ganti facial wash tetapi kulit wajah masih saja tumbuh jerawat? Padahal sudah cuci muka berkali-kali dan sangat menjaga pola makan. Eits, hati-hati jangan-jangan anda salah memilih facial wash. Facial wash yang tepat adalah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Kami punya solusinya!”.
6. Jelaskan kandungan produk
Manfaat produk yang kamu cantumkan pada kalimat promosi, tidak akan menarik jika kamu tidak mencantumkan kandungan produk di dalamnya. Target konsumen tidak akan percaya begitu saja dengan kamu hanya melakukan “claim product”, harus disertai dengan bukti kandungan produk.
Meskipun seharusnya kamu mencantumkan kandungan produk pada kalimat promosi bisnis, namun tetap harus diingat untuk tidak berlebihan dalam menggunakan kalimatnya. Berikut contoh kalimat promosi yang menjelaskan kandungan produk di dalamnya:
“Ribuan orang sudah membuktikan khasiat sabun pencerah ini. Kandungan susu dan beras dalam sabun ini dapat membuat kulitmu lebih putih dan sehat secara alami”.
7. Kalimat penutup yang menarik
Terakhir adalah kalimat penutup untuk promosi yang akan menarik target konsumen, ya hal ini juga perlu diperhatikan dalam promosi. Susunlah kata-kata yang dapat menghipnotis target konsumen untuk membeli namun tidak merasa “dipaksa” dalam membeli. Berikut contoh kalimat penutup yang menarik:
“Penawaran terbatas hanya hari ini saja, jangan sampai ketinggalan promonya! Hubungi kami di nomor berikut!”.
“Kapan lagi punya rice cooker di rumah yang bisa memanggang kue, mengukus makanan, rebus bakso, menanak nasi dan berbagai jenis makanan secara higienis selain di sini? Ayo, tunggu apalagi. Segera hubungi nomor berikut ini sekarang juga!”.
Nah itulah beberapa contoh kalimat untuk promosi bisnismu, selamat mencoba!
Selan promosi, bisnis online pun wajib mempunyai aplikasi wirausaha untuk mengelola usaha. Kamu bisa pakai aplikasi Kasirini untuk mendapatkan semua analisa dan laporan usaha yang kamu perlukan untuk mengembangkan bisnismu. Bisa jualan online dan jualan di toko sekaligus, kelola penjualan dari manapun jadi gampang.