Kisah Haidhar, Co-Founder Es Teh Indonesia Yang Memiliki Omzet Miliaran

Karin Arini 2 Desember 2022 • Baca 5 menit

blog details

Es teh adalah minuman sederhana yang sangat digemari oleh masyarakat dari segala usia. Selain air putih, es teh sudah menjadi minuman wajib yang akan dipesan ketika berada di rumah makan atau tempat lainnya dan es teh lebih banyak dikonsumsi dibandingkan dengan kopi. 

Oleh sebab itu, dengan membuat bisnis minuman es teh di Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai bisnis jangka panjang. Terlebih dengan berkembangnya zaman, es teh juga semakin berkembang dengan hadirnya banyak varian terbaru yang dibuat oleh sang empunya. Salah satunya adalah Haidhar Wurjanto, seorang pemuda asal Bogor yang dapat mengubah minuman es teh menjadi berbeda. 

-K0QQNFWK7NqYVpPMC-gHlOu3pnCpXnd0NasmKuNPD7Ruuamla327S1TRPZwcIYjEP6ML15-rR-PfvBP1bIJzPMabKIxyh1alrpEBhaPc7p_vcHdn0kEmwQmtw4pDZ6j5QHOFGT7XpeZDZtPokyAVCHgOMqt7AcdwT_-9g1jp24p_7bjRcMpkx_0VhjfSg

Co-Founder Es Teh Indonesia, Haidhar Wurjanto. Foto: Dok. Es Teh Indonesia

Dengan mengusung konsep Tea To Go, yang mana es teh disajikan dengan gaya kekinian. Haidhar berhasil membuat Es Teh Indonesia meraup omzet Rp 150 juta per bulan. Selain itu bisnisnya mondar-mandir di banyak list penghargaan. Dalam sehari Haidhar mampu memproduksi dan menjual 300 hingga 400 cup. Produksi sebanyak itu dapat memberikan omzet sebesar Rp 4-5 juta per hari. Belum lagi, Haidhar memiliki banyak outlet di berbagai daerah. 

Per bulan Juni 2021, bisnis Es Teh Indonesia yang digeluti Haidhar telah memiliki 250 outlet di Indonesia. Maklum saja, karena Haidhar menjadikan bisnis Es Teh Indonesia sebagai usaha franchise. Tentunya untuk sampai di titik ini, Haidhar mendapatkannya tidak semudah membalikan telapak tangan, butuh effort lebih yang dilakukan oleh Haidhar. Pasang surut dan jalanan terjal telah dilewatinya hingga bisa sampai di tempatnya sekarang.

Jiwa berbisnis Haidhar sudah tertanam sejak SMA. Berbagai usaha telah ia geluti, mulai dari berjualan crepes, aksesoris ponsel, pulsa, hingga menjadi tukang nasi goreng pun telah ia coba. Menjadi pengusaha seolah bukan hanya menjadi cita-cita Haidhar, melainkan telah menjadi hobi bagi pria asal Jawa Barat ini, sehingga tak perlu merasa berat untuk menjalankannya.

5SX7vtkJYvGlmnzIZlSzMdP7xIH1_buzDEQ5HoGBEvVx7aAWFFS5Tfz4L9gT6WLtAjnruC1PDX_A7RKtvHqJVCWYuB-cPUzsX7HIeJ_e0QjuUkg0QxbjqP_C5zVFcN1S2Y7OZqdYlhmntETRsS2xo4AhSPchnh5hkcsoEV-HYWtl1_eqbCJNgr2_iHat

Foto: Instagram.com/@esteh.indonesia

“Sebenarnya bagaimana cara owner Es Teh Indonesia bisa meraup keuntungan yang besar dan bisa sukses seperti sekarang?” Yuk kita ulik bersama!

Berawal dari ide yang receh. Siapa sangka berawal dari ide yang receh untuk membuat minuman es teh dengan berbagai varian dan dengan gaya kekinian membawa Es Teh Indonesia bisa menjadi usaha yang besar. 

-q4AM9TMH3jCLGLywAoYz1GBvOIQI-Jr5GYpXS0NHeJO0LHUkfBqVqyBvmCxbUS20q5A0RED-toJppeQmiZWGznhciR5mK_4u144bbjLBeHOLNhku3MNkEgItLN9PStRhNtkT7x2pEMInZoa7aFpWg9RssmakcVzCSNxWa2WvDEG44pccq_UtL3aJzxxRA

Mengapa tidak? Mengingat masyarakat Indonesia sendiri sangat akrab dengan minuman es teh dan kebanyakan orang menyukai minuman ini. 

Selain itu penggunaan nama bisnisnya mudah diingat, ditambah dengan pendiri Es Teh Indonesia menggunakan branding es teh manis sebagai brand usahanya.

Melihat ini, kamu jadi tahu kan bahwa hal receh tidak bisa dianggap remeh, sebab bisa saja menjadi suatu bisnis yang menguntungkan.

Variasi produk yang berkualitas. Untuk bisnis minuman es teh sendiri sebenarnya bukan suatu bisnis yang spesial, maka dari itu Haidhar memodifikasi minuman es teh agar lebih unik dan menarik.

MEBMuidxEt7Mj7Yv2mkmTgfOzg6ZkpLJyEGa1BHB0UugAKvFd-37sE3jUmegAtm3KkRdrkVtReVNe0gsgLPIKKhaFTHTirhrSxZIuykeJkL4qjRpeIF9qorDsQg6p-mZFslyUzJv1CFjsGCIl5kPow4dCbJqF_-DkGitWHgCk3BKtZ0DFBcqD2Tx7_PAtw

Saat ini terdapat 22 menu varian rasa yang terdapat di setiap outlet Es Teh Indonesia. Dengan harga mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 22.000 rupiah.

Owner Es Teh Indonesia sendiri sangat menekankan higienitas, meningkatkan kualitas Es Teh Indonesia, mempunyai kemasan yang menarik dengan selalu menjaga kualitas yang baik dari produknya. 

Viral dari video singkat. Ternyata populernya bisnis Es Teh Indonesia berawal dari video yang singkat.

wvqz-GFJA3j2YMbDE1EesmLQzxuIjyeBc-IJ4WgOSpCYNdFQyQJzwMQwLcP8m51qjzrp2zcH2v5vpBOuTU2VvfAIMQAMrV8oc7sHN8npMIVKc11O2BYcG72BqsKTGCtLRr0CvEBuJ2STGxHU-Ax8mmFdysIMdq8DL3NKpOyOyEE6bgy_uXDy33ZOMJytVg

Video yang dibuat melalui sosial media TikTok yang telah ditonton sebanyak lebih dari 3,2 juta penonton. Dalam video tersebut menceritakan seorang pemuda yang ingin membangun sebuah bisnis dan dari situ tercetuslah bisnis Es Teh Indonesia. 

Dari situ dapat kamu pelajari bahwa melakukan promosi produk melalui sosial media sangat efektif untuk dilakukan 

GdoQHXkeAHfxBXKR3i7G0d4Kaz_0aghkdiGmJtNcIyRdAb9Me9WLJcsPHyaO6m11rZaZV6rvlHW8quqkIciHS6iRUj50FjYosoMfkXb65g-5FU4glOqu1-268p7cXwoFaCzCcnUbQ8aJKzIWyJ_44V8rPnImrw1tcZInKWWtPpVhRyr5gFJnS83eCpVojQ

Adanya franchise di berbagai daerah. Agar bisnisnya makin berkembang, Es Teh Indonesia memutuskan untuk membuka untuk membuka franchise di seluruh Indonesia. 

Hingga saat ini, Es Teh Indonesia mendapatkan rata-rata penjualanya berkisar Rp 100 juta sampai Rp 150 juta per bulannya. 

Secara keseluruhan omzet yang didapat mencapai Rp 25 miliar sampai Rp 37 miliar per bulan dari seluruh outlet Es Teh Indonesia yang berada di seluruh Indonesia.

Dari kisah Haidhar diatas, membuka bisnis minuman es teh sangat menarik bukan? Siap untuk mencoba?